KAJIAN DAMPAK BIOPHILIC-DESIGN PADA HUNIAN

oleh : Aldo Feandri

Arsitektur dan Sustainabilitas

aldofeandri@gmail.com

Abstrak

Masyarakat perkotaan menghabiskan sekitar 90% waktunya berada di ruang dalam atau lingkungan terbangun, sayangnya sebagian besar karakter dan kualitas lingkungan terbangun yang ada meningkatkan kecenderungan manusia untuk terisolasi dari lingkungan alami. Berkurangnya hubungan antara manusia dengan lingkungan alami berakibat pada menurunnya kesejahteraan umum (wellbeing) seseorang, yaitu kondisi fisik dan psikologis seseorang.

Biophilic-design bertujuan untuk menciptakan habitat yang baik untuk manusia yang dilihat sebagai organisme biologis pada lingkungan terbangun yang dapat meningkatkan kesehatan, kebugaran dan kesejahteraan umum (well-being) manusia. Disadari atau tidak, manusia memiliki kecenderungan bawaan untuk menyukai alam. Edward O. Wilson pada tahun 1984 dalam bukunya: Biophilia, The Human Bond with Other Species, mendefinisikan biophilia sebagai kecenderungan bawaan untuk fokus pada kehidupan dan proses-proses yang menyerupai kehidupan (E.O. Wilson, 1984).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh apa kehadiran alam pada ruang melalui pola biophilic-design dapat hadir pada jenis hunian yang berbeda: hunian tapak sederhana dan real-estate ; dan hunian vertikal sederhana (rumah susun) dan apartemen. Instrumen penilaian biophilic-design dikembangkan berdasarkan 14 pola biophilic-design dan digunakan untuk mengidentifikasikan dan menkuantitaskan pola biophilic-design yang hadir pada hunian tersebut. Ditemukan bahwa kehadiran alam pada jenis hunian rumah susun lebih rendah dibandingkan dengan jenis hunian lainnya.  Kemudian dilakukan percobaan dengan menambahkan pola biophilic-design yang mungkin dilakukan pada rumah susun sederhana tersebut dan mengukur kesejahteraan mental (mental well-being) penghuni pada saat sebelum dan sesudah percobaan dengan menggunakan “The Warwick-Edinburgh Mental Well-being Scale” (WEMWBS).

kata kunci : biophilic-design, mental well-being

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s